Senin, 08 Desember 2008

Sample Format RPP

Oleh: Damaskus Beny

Nama Sekolah : ...........
Kelas/Semester : ...........

Mata Pelajaran : ...........
Waktu : ..........
1. Kompetensi Dasar : Kemampuan anak untuk mengenal dan mengetahui tentang magnet,
2. Topik : Magnet.
3. Indikator :
Setelah mendengarkan penjelasan guru dan contoh yang dipraktekan guru, siswa dapat mengetahui pengertian magnet, dan bagaimana pengaruh magnet tersebut terhadap benda lain. Ketika guru bertanya secara lisan tentang pengertian magnet dan pengaruh magnet terhadap benda lain mereka bisa menjawab dengan baik.
Siswa bisa membedakan benda-benda yang bisa ditarik oleh magnet dan benda-benda yang tidak bisa ditarik oleh magnet. Ketika guru memperagakan di depan kelas, guru melibatkan beberapa siswa ikut terlibat langsung sehingga mereka akan mengetahui benda-benda yang bisa ditarik oleh magnet dan benda-benda yang tidak bisa ditarik oleh magnet. Selanjutnya guru menanyakan kepada siswa-siwa secara lisan benda-benda yang bisa ditarik oleh magnet dan benda-benda yang tidak bisa ditarik oleh magnet ternyata mereka bisa menjawab dengan baik.
4. Tujuan :
Tujuan dari penyampaian materi Magnet ini adalah agar para siswa mengetahui apa itu magnet, bagaimana pengaruh magnet terhadap benda lain, serta siswa dapat membedakan benda-benda yang dapat ditarik oleh magnet dan benda-benda yang tidak dapat ditarik oleh magnet.
5. Kelas/Semester : V/I
6. Metode Pembelajaran : Bermain peran dan Demonstrasi.
Menggunakan metode bermain peran karena siswa dilibatkan langsung dalam praktek yang dilakukan oleh guru di depan kelas. Sedangkan menggunakan metode Demonstrasi karena guru dalam penyampaian materi meminta beberapa siswa untuk menyebutkan secara lisan pengertian dari magnet, pengaruh magnet terhadap benda lain, benda-benda yang dapat dan tidak dapat ditarik oleh magnet.
7. Ranah :
Ranah yang ditekankan dalam penyampaian materi ini adalah Kognitif dan Psikomotorik karena penyampaian materi magnet ini untuk meningkatkan kemampuan akdemik dan keterampilan para siswa dibidang Fisika.
8. Gambaran Kelas :
Jumlah siswa terdiri dari 42 siswa dengan tife belajar Diverging sebanyak 10 siswa, tife belajar Assimilating sebanyak 8 siswa, tife belajar Converging sebanyak 9 siswa, tife belajar Accommodating sebanyak 12 siswa, tife belajar Assimilating dan Converging sebanyak 1 siswa, tife belajar Converging dan Accommodating sebanyak 1 siswa, tife belajar Accommodating dan Diverging sebanyak 1 siswa, tidak tahu sebanyak 2 siswa.
9. Media Pembelajaran : Alat Peraga.
Menggunakan alat peraga berupa beberapa buah magnet, benda-benda yang bisa dan tidak bisa ditarik oleh magnet. Penggunaan peraga ini sebagai media agar dalam penyampai materi lebih mudah, begitu juga dengan para siswa akan lebih tahu, paham dan mengerti tentang tujuan dari penyampaian materi.
10. Ringkasan Materi :
Magnet yang pertama kali di temukan di Magnesia Asia Kecil yang berupa Magnet Alam yang terdapat pada batuan. Yang dimaksud dengan magnet adalah sesuatu yang berupa besi yang mempunayai satu atau dua kutub yaitu kutub utara dan selatan atau salah satu kutubnya saja yang bisa menarik atau mempengaruhi bahan-bahan yang berupa besi dan baja. Sedangkan bahan-bahan yang berupa plastik, kayu, kaca, alumunium seng, tembaga dll merupakan bahan yang tidak bisa ditarik atau dipengaruhi oleh magnet.
11. Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan awal
Guru memberikan salam pembuka dan mengajak para siswa berdoa terlebih dahulu, (jika jam pertama masuk).
Guru mengajukan beberapa pertanyaan tentang keadaan siswa dan hal-hal yang berhubungan dengan materi yang akan disampaikan. Dari pertanyaan tersebut beberapa siswa menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru.
Kegiatan Inti
Guru menjelaskan pengertian magnet dan para siswa menyimak secara seksama.
Guru memberikan contoh dengan menggunakan alat peraga, sementara siswa memperhatikan dengan seksama.
Setelah memberikan contoh, guru menyuruh salah satu atau beberapa siswa untuk melakukan praktek di depan kelas mengenai pengaruh magnet terhadap benda lain.
Kegiatan Akhir
Guru membuat kesimpulan materi yang telah disampaikan.
Tes bisa dilakukan secara tes lisan dan tertulis atau berupa pekerjaan rumah (PR).
Guru memberikan salam penutup tanda berakhirnya pelajaran.
12. Penilaian :
Dalam proses kegiatan belajar mengajar, khususnya materi ini yang dinilai adalah keaktifan dalam mengikuti pelajaran, kemampuan dalam menjawab pertanyaan baik pertanyaan yang lisan maupun tertulis, serta keseriusan dalam proses kegiatan belajar mengajar.
13. Kriteria Penilaian :
Kriteria penilaian yaitu sebagai berikut :
· Untuk pertanyaan lisan 1 soal mendapat nilai sebagai bonus 2.
· Untuk petanyaan tertulis, karena soal yang diberikan sebanyak 3 soal maka masing-masing soal bernilai sama yaitu 30 untuk 1 soal.
· Untuk keaktifan masing-masing siswa mendapat nilai 5.
· Untuk keseriusan dalam proses belajar mengajar maka masing-masing siswa mendapat nilai 5 untuk keseriusan mereka.
· Jumlah dari kriteria penilaian tersebut yaitu 100+bonus 2=102.
· Bonus ini bertujuan agar siswa termotivasi dalam proses kegiatan belajar mengajar.
14. target Keberhasilan :
Dalam proses kegiatan belajar mengajar, khususnya penyampaian materi ini target keberhasilan yang ingin dicapai adalah 75-80%.
15. Sumber : Pendidikan IPA, oleh: Jenny R.E. Kaligis dan Hedro Darmodjo. 1991/1992, halaman 83.

Tidak ada komentar: